Advertisement 728x90

Advertisement 970x90

Jadilah Orang Sukses Dengan Cara Analisis Ini

Jadilah Orang Sukses Dengan Cara Analisis Ini - Seseorang yang ingin sukses tentu sudah memiliki planning atau rencana yang jelas dalam hidupnya. Sudah memiliki tujuan dan apa saja yang ingin dicapai dalam hidupnya. Sebuah perencanaan dalam hidup, tentu sangat penting. Sebab, dengan adanya perencanaan atau planning dalam hidup, seseorang akan lebih terarah dalam menjalankan aktivitas yang akan menunjang atau membawanya pada kesuksesan yang ingin diraih.

Sebuah perencanaan atau planning sering disebut juga visi dan misi dalam hidup. Nah, biar visi dan misi dalam hidup kita bisa terealisasi, tentu harus ada strategi dalam hidup untuk menjalankannya. Sebuah strategi bisa dirancang apabila kita sudah memperkirakan kemungkinan-kemungkinan yang ada, yang mampu menunjang perjalanan kita menuju sukses yang diinginkan.



Jadilah Orang Sukses Dengan Cara Analisis Ini
Sebuah perkiraan terhadap segala kemungkinan yang ada disekitar kita dapat dilakukan dengan cara menganalisis. Analisis ini akan nantinya akan memberikan gambaran seberapa kesulitan kita atau seberapa besar kemungkinan kita dalam mewujudkan kesuksesan yang diinginkan dalam hidup kita. Maka dari itu, ada baiknya apabila kita juga memperlajari cara menganalisis dengan menggunakan metode SWOT.

Apakah itu SWOT? Analisis SWOT adalah kepanjang dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Analisis SWOT ini sebenarnya adalah salah satu metode dalam ilmu manajemen. Metode ini sering digunakan untuk menganalisi seberapa besar kemungkinan sukses atau tidaknya perusahaan dalam menjalankan goal atau tujuan yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Namun, tidak ada salahnya jika kita menggunakan metode analisis ini untuk menganalisis seberapa besar kemungkinan sukses atau tidaknya visi dan misi yang kita jalankan dalam hidup kita.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan analisis SWOT berikut ini:

1. Strength

Strength berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang berarti kekuatan. Ini adalah langkah awal dari strategi kita. disini, kita dituntut untuk menganalisis dulu diri kita sendiri, yang pertama kali dianalisis adalah kekuatan atau kelebihan yang kita miliki, yang nantinya dapat mendukung perjalanan kita menuju kesuksesan yang akan dicapai. Misalnya, kamu itu orang yang cerdas, rapi, perfeksionis, dewasa, mandiri, lembut, mudah meneriman perbedaan, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru atau orang lain.

2. Weakness

Weakness juga berasal dari bahasa Inggris yang artinya kelemanahan. Jika tadi kita sudah menganalisis kelebihan atau kekuatan yang ada dalam diri kita. Maka, sekarang kita harus jujur dan secara sadar menganalisis atau mencari kelemahan yang ada dalam diri kita. Misalnya, kamu kurang kreatif, berfikir terlalu monoton, kurang tegas, tidak berani membuat suatu gebrakan baru, tidak berani menghadapi konflik sendirian, dan terlalu polos. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat meminimalisir karakter lemah yang ada dalam diri kita atau memperbaikinya menjadi lebih baik.

3. Opportunity

Bukan opor ‘sayur’ ya.. tapi opportunity disini adalah kesempatan. Nah, kita diharuskan menganalisis kemungkinan-kemungkinan adanya kesempatan yang datang atau terbuka untuk kita dalam mencapai kesuksesan yang diinginkan. Misalnya, kamu bercita-cita ingin menjadi seorang IT professional, nah kemungkinan apa yang bisa membawa kamu menuju cita-cita atau tujuan tersebut? kuliah mengambil jurusan IT, kursus demi memperdalam bidang IT, atau kamu berteman dengan orang-orang IT yang nggak pelit ilmu sama kamu, sehingga kamu bisa menyerap ilmu darinya.

4. Threath

Kata threath apabila diartikan, maknanya adalah ancaman. Lho, kok ancaman? Iya, kamu harus siap menghadapi ancaman atau peluang kegagalan dalam perjalanan kamu mencapai tujuan atau kesuksesan yang diinginkan dalam hidup kamu. Hal ini harus dianalisis agar kita dapat menanggulanginya, jika ancaman ini terjadi di kemudian hari.

Nah, dengan demikian kemungkinan kamu gagal dalam mencapai kesuksesan akan sangat minim, sebab semuanya telah tersistem dari sejak awal. So, segera siapkan kertas dan pulpen dan analisislah kesuksesan kamu, selamat mencoba!
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Thanks For Your Comment Here